Minggu, Januari 12, 2014

Nabi Muhammad SAW



Assalamu alaikum Warrah matullahi Wabarrakatuh.
Selamat Pagi.

          Hari ini saya akan menjelaskan siapa itu Nabi Muhamad SAW. Mungkin diantara kalian semua yang membaca blog ini, hanya mengetahui bahwa Nabi Muhammad SAW adalah pembawa ajaran/agama Islam, dan diyakini oleh umat Muslim sebagai Nabi dan Rasul yang terakhir. Tapi  ada banyak hal lain yang belum kita ketahui, nah disini saya akan menjelaskan semua yang saya tau. Silakan disimak.

           Nabi Muhammad SAW bernama asli Muhammad bin Abdullah. Beliau juga punya bebeapa julukan. Beliau di lahirkan pada tanggal 20 April 570 M di Mekkah atau tanggal 12 Rabbiul Awal , dan meninggal tanggal 8 Juni 632 M di Madinah pada umur 63 tahun. Anak dari Aminah dan Abdullah. Nabi Muhammad memiliki 11 / 13 orang istri. Namun Istri pertamanya adalah Khadijah.

          Nama "Muhammad" secara bahasa berarti "dia yang terpuji". Selain itu di dalam salah satu ayat Al-Quran, Muhammad dipanggil dengan nama "Ahmad", yang dalam bahasa Arab juga berarti "terpuji".

           Para penulis biografi Muhammad pada umumnya sepakat bahwa ia lahir pada , yaitu tahun 570 M, yang merupakan tahun gagalnya Abrahah menyerang Mekkah. Muhammad lahir di kota Mekkah, di bagian Selatan Jazirah Arab, suatu tempat yang ketika itu merupakan daerah paling terbelakang di dunia, jauh dari pusat perdagangan, seni, maupun ilmu pengetahuan. Ayahnya, Abdullah, meninggal dalam perjalanan dagang di Madinah, yang ketika itu bernama Yastrib, ketika Muhammad masih dalam kandungan.
          Pada saat Muhammad berusia enam tahun, ibunya Aminah binti Wahab mengajaknya ke Yatsrib(sekarang Madinah) untuk mengunjungi keluarganya serta mengunjungi makam ayahnya. Namun dalam perjalanan pulang, ibunya jatuh sakit. Setelah beberapa hari, Aminah meninggal dunia di Abwa' yang terletak tidak jauh dari Yatsrib, dan dikuburkan di sana. Setelah ibunya meninggal, Muhammad dijaga oleh kakeknya, 'Abd al-Muththalib. Setelah kakeknya meninggal, ia dijaga oleh pamannya, Abu Thalib. Ketika inilah ia diminta menggembala kambing-kambingnya di sekitar Mekkah dan kerap menemani pamannya dalam urusan dagangnya ke negeri Syam(SuriahLebanon, dan Palestina).

          Ketika Muhammad mencapai usia remaja dan berkembang menjadi seorang yang dewasa, ia mulai mempelajari ilmu bela diri dan memanah, begitupula dengan ilmu untuk menambah keterampilannya dalam berdagang. Perdagangan menjadi hal yang umum dilakukan dan dianggap sebagai salah satu pendapatan yang stabil. Muhammad sering menemani pamannya berdagang ke arah Utara dan kabar tentang kejujuran dan sifatnya yang dapat dipercaya menyebar luas dengan cepat, membuatnya banyak dipercaya sebagai agen penjual perantara barang dagangan penduduk Mekkah.
          
          Salah seseorang yang mendengar tentang kabar adanya anak muda yang bersifat jujur dan dapat dipercaya dalam berdagang dengan adalah seorang janda yang bernama Khadijah. Ia adalah seseorang yang memiliki status tinggi di kalangan suku Arab. Sebagai seorang pedagang, ia juga sering mengirim barang dagangan ke berbagai pelosok daerah di tanah Arab. Reputasi Muhammad membuat Khadijah memercayakannya untuk mengatur barang dagangan Khadijah, Muhammad dijanjikan olehnya akan dibayar dua kali lipat dan Khadijah sangat terkesan ketika sekembalinya Muhammad membawakan hasil berdagang yang lebih dari biasanya.

          Seiring waktu akhirnya Muhammad pun jatuh cinta kepada Khadijah, mereka menikah pada saat Muhammad berusia 25 tahun. Saat itu Khadijah telah berusia mendekati umur 40 tahun, namun ia masih memiliki kecantikan yang dapat menawan Muhammad. Perbedaan umur yang jauh dan status janda yang dimiliki oleh Khadijah tidak menjadi halangan bagi mereka, walaupun pada saat itu suku Quraisy memiliki budaya yang lebih menekankan kepada perkawinan dengan seorang gadis ketimbang janda. Meskipun kekayaan mereka semakin bertambah, Muhammad tetap hidup sebagai orang yang sederhana, ia lebih memilih untuk menggunakan hartanya untuk hal-hal yang lebih penting.

Terima kasih telah membaca postingan saya kali ini, tentang Nabi Muhammad SAW. Tapi postingan akan berlanjut postingan tentang peristiwa-peristiwa yang di alami Nabi Muhammad SAW. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata. 

Wabillahi Taufiq, Wal Hidayah
Wassalamua Alaikum Warrah Matullahi Wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar